Untuk Pencegahan Penyakit

Puskesmas Tenayan Raya Gencar Lakukan  Sosialisasi Imunisasi Campak dan Rubella

Pihak UPT Puskesmas Tenayan Raya saat melakukan sosialisasi

PEKANBARU-- (KIBLATRIAU.COM)-- Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru melalui UPT Puskesmas Tenayan Raya terus gencar melakukan sosialisasi Measles Rubella (MR) atau Imunisasi Campak dan Rubella, Senin (16/7).

Sosialisasi ini digelar menjelang pelaksanaan Imunisasi Campak dan Rubella pada Agustus dan September 2018.

Selain itu, sosialisasi itu dimaksudkan untuk pencegahan penyakit campak sehingga orangtua mengetahui pentingnya imunisasi bagi anak umur 9 bulan hingga 15 tahun

Kepala UPT Puskesmas Tenayan Raya , dr  Yuni langsung memberikan penjelasan dan pemahaman kepada seluruh Lurah dan Kepala Sekolah se- Kecamatan Tenayan Raya .

Dalam sosialisasi yang berlangsung di Aula Kantor Camat tersebut, dr Yuni mengatakan kepada lurah dan kepala sekolah yang hadir mohon bantuannya untuk bersama mensukseskan kampanye Measles Rubella (MR) agar disampaikan ke warganya dan anak muridnya. Karena, penyakit Campak dan Rubella adalah penyakit infeksi menular melalui nafas yang disebabkan oleh virus Campak dan Rubella.

"Campak dan Rubella sangat menular. Anak dan orang dewasa yang belum pernah mendapat imunisasi atau yang belum mengalami penyakit tersebut berisiko tinggi tertular penyakit itu," ujar Yuni.

Dijelaskan Yuni,  campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti diare, radang paru, radang otak, kebutaan, gizi buruk bahkan kematian.

Terpisah, Kepala UPT Puskesmas Kecamatan Payung Sekaki, dr Ida Walie mengatakan, kampanye imunisasi MR adalah suatu kegiatan imunisasi secara masal demi memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

Hal ini bertujuan untuk memutus transmisi penularan virus campak dan rubella. Kampanye imunisasi campak dan rubella itu sendiri akan dilaksanakan pada bulan Agustus hingga September 2018 mendatang.

"Jadi khusus untuk di wilayah Payung Sekaki sasaran bayi dan balita yang akan di Vaksin Campak dan Rubella sebanyak 20 ribu se Kecamatan Payung Sekaki," ungkapnya.(Kim)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar